Skip to main content

Ingin Kaya di Waktu Tua? Ini Investasi yang Paling Cocok untuk Kalian

Apa itu Investasi? Mungkin kalian sudah sangat sering mendengar kata investasi dan mungkin anggapan kita semua tentang orang yang berinvestasi itu keren dan terlihat sangat berkelas.
Apa itu investasi
Apa itu Investasi?
Lalu apakah kalian tertarik untuk berinvestasi tapi takut karena belum memiliki uang banyak? Sebelumnya banyak orang mengganggap bahwa untuk berinvestasi haruslah kaya atau mapan dahulu, sebenarnya anggapan itu sudah tidak berlaku sekarang.

Kenapa? Karena saat ini bahkan seorang mahasiswa bahkan mahasiswa yang ngekos pun bisa melakukan investasi, ya di lingkungan kita kan mahasiswa yang ngekos terkesan tidak memiliki uang banyak walaupun sebenarnya banyak dari mereka yang memiliki uang banyak.

Balik lagi ke topik bahwa mahasiswa bisa melakukan investasi, masa si? Kok bisa? Tentu bisa dong, karena sekarang sudah banyak lapak untuk berinvestasi yang memberikan minimum uang untuk berinvestasi hanya sebesar Rp 100.000 saja, sangat ringan kan?

Tapi jangan gegabah untuk langsung berinvestasi ya sebelum tau sebenarnya apa si itu investasi. Tenang saja aku akan membahasnya dibawah ini investasi itu.

Apa Itu Investasi?

Apa itu Investasi? Secara umum sebenarnya investasi itu bisa di analogikan seperti kita menanam sebuah pohon yang memiliki buah (anggap saja mangga).

Pertama yang harus kita siapkan yaitu membeli bibitnya dan kita harus memilih bibit yang bagus, lalu kita tanam, kita rawat, kita siram dan pada akhirnya akan tumbuh besar lalu berbuah, dari buah itu kita jual dan dapatlah uang yang menutupi modal awal bahkan mendapat untung.

Nah investasi mirip seperti itu, kita contohkan pada investasi berbentuk saham, pertama kita harus memilih saham mana yang bagus lalu kita beli, tapi disini kita tidak ikut merawatnya karena itu tugas dari penjual saham tersebut. Kita hanya perlu memperhatikan harga saham yang kita beli dan jika sudah naik dan mendapatkan untung setelah itu akan kita jual.

Investasi sama dengan Judi?

Ada beberapa pandangan negatif orang-orang terhadap kegiatan investasi, karena banyak yang bilang bahwa berinvestasi itu sama saja dengan berjudi. Mungkin bisa saja di anggap seperti itu tapi semua itu tergantung dari cara kita berinvestasi.

Kenapa begitu? Ya jika kita melakukan investasi tanpa tau teknik-teknik berinvestasi dan hanya mengandalkan hoki atau keuntungan semata maka investasi itu akan berubah menjadi judi.

Tapi jika kita berinvestasi menggunakan analisis dan teknik-teknik yang tepat, maka investasi bukanlah judi karena kita akan menganalisis lingkungan atau perusahaan terkait dan itu tidaklah mudah namun tidak terlalu sulit juga selama kita mau belajar dan memahaminnya.

Dan mungkin ada yang bilang investasi itu haram, ya untuk itu si aku tidak berhak untuk mengatakan halal atau haramnya investasi ini. Mungkin jika kalian ragu maka datanglah ke pemuka agama di dekat kalian dan bertanyalah kepada mereka hehe.

Tapi perlu kalian tau saja bahwa jika kita berinvestasi kita akan membantu mengembangkan perekonomian negara kita tercinta yaitu Indonesia. Ya jika kita berinvestasi terutama dalam bentuk saham maka kita akan mampu memperlancar aktivitas perekonomian di Indonesia. Asik kan? Udah dapet untung kita juga bersikap nasionalisme dengan membantu perekonomian Indonesia.

Jenis-Jenis Investasi 

Jenis investasinya pun bermacam-macam tidak hanya saham saja, nah mari
kita bahas satu persatu jenis investasi itu sendiri dibawah ini. Apa saja macam investasi tersebut? Mari kita lihat dibawah ini :
  • Properti
  • Investasi ini berbentuk sebuah properti contohnya adalah rumah, apartemen, ruko dan juga ada yang tanah kosong. Di Indonesia investasi macam ini sangatlah populer terutama di kota-kota besar. Dan memang harga dari properti tiap tahunnya akan terus naik terutama di daerah Jakarta yang peningkatan harganya sangatlah tinggi.
    Tapi investasi dalam bentuk properti bukanlah investasi yang bisa dilakukan oleh para mahasiswa, karena modal yang dibutuhkan besar. Investasi dalam bentuk properti hanya cocok untuk kalian yang sudah bekerja dan memiliki banyak uang nganggur. 
  • Saham
  • Saham juga termasuk yang paling populer bahkan di dunia. Jika kita membeli saham berarti kita membeli kepemilikan dari perusahaan yang menjual saham tersebut, besarnya kepemilikan ditentukan dari banyaknya saham yang kita beli.
    Keuntungan yang didapat dari berinvestasi saham juga bermacam-macam, ada yang didapat dari dividen dan ada yang juga didapat dari selisih harga beli dan harga jual.
    Saham sendiri memiliki keuntungan yang relatif tinggi dan tentunya dengan resiko yang tinggi juga, namun tidak perlu takut karena aku akan membahas lebih dalam tentang saham dan juga teknik-teknik yang digunakan agar bisa meminimalisir resiko yang didapat.
    Karena reksa dana sendiri adalah investasi yang dikelola oleh satu atau banyak orang yang sudah ahli dalam mengalokasikan uang, mereka biasa disebut sebagai Manajer Investasi.
    Sistem kerja reksa dana sendiri adalah mengumpulkan uang dari banyak investor lalu uang itu akan dialokasikan oleh para Manajer Investasi untuk membeli saham, obligasi atau deposito. Dalam hal ini kita para investor tidak perlu memantau pergerakan saham secara berkala dan tentu investasi reksa dana ini sangatlah cocok untuk para pemula.
    Tapi perlu diingat resiko pada reksa dana bukanlah tidak ada namun relatif kecil jadi kita tetap harus berhati-hati dalam berinvestasi.
  • Emas
  • Emas mungkin adalah logam yang paling banyak dicari dan di Indonesia investasi ini sangat populer. Emas merupakan aset liquid yang sangat mudah terjual karena memang banyak yang mencarinya.
    Bahkan saat ini kita dimudahkan karena adanya jasa investasi saham dalam bentuk digital dan hal ini tentu akan memudahkan kita dalam menyimpan emas tanpa harus membutuhkan ruang nyata yang besar.
  • Obligasi
  • Obligasi mungkin bisa dibilang mirip seperti saham, tapi obligasi sendiri merupakan surat pernyataan utang sedangkan saham merupakan surat kepemilikan.
    Dalam hal ini sistem kerjanya adalah jika suatu perusahaan atau pemerintah ingin membangun suatu fasilitas atau ingin mengembangkan suatu fasilitas namun tidak memiliki cukup dana.
    Maka perusahaan atau pemerintahan akan menerbitkan surat obligasi yang nantinya akan dijual kepada para investor dengan perjanjian uang akan dikembalikan pada waktu tertentu dan akan mendapat bunga tiap taunnya.
    Lalu para investor akan membeli obligasi itu atau memiliki arti sebagai meminjamkan uang kepada perusahaan atau pemerintahan tersebut, ketika uang sudah dikembalikan para investor akan mendapat keuntungan dari bunga yang didapatkan.
  • Cryptocurrency
  • Cryptocurrency, ya mungkin banyak dari kalian yang mengenal kata ini. Saat ini cryptocurrency sangatlah booming, fenomena munculnya bitcoin, dogecoin, litecoin dan lain sebagainya banyak membuat para investor tergiur untuk menginvestasikan uangnya ke dalam cryptocurrency.
    Investasi jenis ini memang sangat menjanjikan karena keuntungan yang didapat bisa didapatkan dalam waktu dekat karena harga cryptocurrency yang saat ini naik turun dengan sangat cepat.
    Walaupun begitu resiko yang didapatkan sangatlah besar, karena bisa saja seketika harga cryptocurrency turun dengan sangat drastis sewaktu-waktu dan kemungkinan ruginya sangatlah besar. Mungkin investasi dalam bentuk ini tidak aku rekomendasikan kepada kalian terutama untuk para pemula, karena investasi ini sangatlah besar resikonya.
  • Blog
  • Blog? Kenapa aku memasukkan blog sebagai jenis investasi? Ya blog bisa jadi sebuah investasi yang menguntungkan untuk kita, kenapa?
    Karena saat ini ada banyak jasa yang akan membuatkan kita blog dengan tema yang kita pilih dan dengan jangka waktu yang telah ditentukan pihak pemberi jasa, harganya pun termasuk murah.
    Dalam hal ini jika kita bisa memilih tema mana yang bisa menarik perhatian banyak orang maka kita bisa mendapat keuntungan yang besar tanpa perlu melakukan apa-apa.
    Selain itu ada juga yang memperjual belikan blog yang sudah ramai pengunjung dan jika kita pintar dalam memilih blog tersebut tentu akan memberikan hasil yang sangat menjanjikan.
Nah mungkin itu saja yang bisa aku bahas mengenai investasi, lalu manakah diantara jenis-jenis investasi tersebut yang merupakan investasi aman. Sebenarnya semuanya sama, sama-sama memiliki keuntungan dan resiko yang seimbang, semakin besar keuntungan yang ingin kita dapat makan semakin besar juga resiko yang kita dapat.

Maka dari itu sebelum memulai berinvestasi alangkah baiknya kita harus belajar benar-benar mengenai teknik-teknik untuk berinvestasi agar kita bisa meminimalisir resiko yang didapat. Nah teknik-teknik untuk berinvestasi itu bisa kalian lihat di blog ini.

Semoga artikel ini bermanfaat dan mampu memotivasi kalian untuk berinvestasi. Salam sukses untuk kita semua.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Memulai Investasi Saham bagi Pemula dengan Modal Rendah

Cara Investasi Saham bagi Pemula - Kalian ingin memulai investasi saham tapi ragu karena takut rugi? Atau berfikir bahwa investasi saham harus menggunakan modal besar? Saran aku si singkirkan semua pikiran-pikiran itu.
Kenapa? Pertama jika kalian takut maka kalian tidak akan pernah sukses, lawan rasa takut kalian. Kedua, inilah kabar baik untuk kalian semua karena untuk memulai investasi saham kita tidak perlu membutuhkan modal yang besar, saat ini investasi saham bisa dimulai dari Rp 100.000 saja.
Ya dulu memang untuk memulai investasi saham kita memerlukan uang yang sangat besar, tapi saat ini pasar saham mulai mengincar para investor muda terutama mahasiswa untuk memulai investasi.
Hal ini dikarenakan saat-saat mahasiswa adalah waktu dimana kita menentukan masa depan dan jika mengalami kegagalan maka masih ada waktu yang panjang menuju hari tua. Di masa-masa itulah kita akan terus mencoba dan mencoba untuk meraih kesuksesan.
Nah pertanyaannya adalah gimana si cara investasi saham b…